September 2017
M T W T F S S
« Dec    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Categories

Who's Online

There are no users currently online

Kelas Praktikum Pajak I

PRAKTIKUM UNTUK SEMESTER GANJIL 2015-2016

Profil perusahaan dengan aplikasi zahir. tugas, medesain data base perusahaan dengan aplikasi zahir accounting

modul panduan zahir untuk perusahaan manufaktur

Transaksi terkait PPh 21 Perusahaan, Peraturan terkait perhitungan PPh 21 tahun 2014, menggunakan dasar PER 31 Tahun 2012.

Transaksi terkait pembelian yang dilakukan Perusahaan, dan penerapan pencatatan PPN masukan dan PPN kluaran. Peraturan terkait perhitungan PPN adalah berdasarkan UU PPN no 42 Tahun 2009.

Transaksi produksi

Transaksi Penjualan

 

 

 

Praktikum Pajak 1: menggunakan sarana lab-SIM. setiap mahasiswa yang menempuh mata kuliah tersebut diharapkan mendaftarkan diri di lab-SIM untuk mendapat kelas praktikum pajak 1.

Praktikum perpajakan I bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai pemanfaatan sistem informasi berbasis teknologi informasi untuk mendukung fungsi manajemen pajak perusahaan. Mata kuliah ini menekankan aspek praktikal dengan menggunakan berbagai studi kasus baik, yang dirancang untuk sedekat mungkin dengan fungsi manajemen pajak yang sesungguhnya. Aplikasi yang digunakan dalam matakuliah ini adalah aplikasi Ms.Excel, E-spt PPh dan E-spt PPN, dan MYOB Accounting, modul ERP dapat di unduh disini.

Penulis membekali pembaca untuk dapat memahami dan meningkatkan softskill mengenai pemanfaatan sistem informasi berbasis teknologi informasi untuk mendukung fungsi manajemen pajak perusahaan, diawali dengan praktikum tentang kasus-kasus perpajakan simple hingga yang kompleks dan detail pada komponen sistem perusahaan, dibahas satu persatu dalam pola pikir sistemik yang berada dalam lingkup perusahaan secara utuh.

RPKPS dapat diunduh disini

Pertemuan Minggu 1: Review & Isu-isu Terkini: Sistem Informasi Berbasis Komputer.

Praktikum mengenal beberapa aplikasi sederhana hingga software akuntansi keuangan yang di dalamnya terdapat menu perpajakan. Konsep sistem informasi dalam perusahaan. Memahami perkembangan teknologi informasi dalam perusahaan dan dapat Menjelaskan jenis aplikasi Akuntansi dan Keuangan.

Tugas: 1). Mencari Jenis Software atau aplikasi Akuntansi; 2). Mencari kelebihan dan kekurangan aplikasi tersebut. kumpulkan softcopy kirimkan ke email kelas.

Pertemuan Minggu 2: Sistem informasi dan Manajemen Pajak dalam menentukan strategi pemilihan bentuk badan hukum usaha dan Pemilihan kegiatan usaha.

Praktikum manajemen pajak untuk WP (badan) dalam memilih bentuk operasional usaha, badan hukum perusahaan dan mendesain struktur organisasi perusahaanyang Efektif, Efisien dan Ekonomis berdasarkan konsep manajemen pajak. Praktikum ini menggunakan aplikasi sederhana untuk mendesain struktur organisasi dengan menggunakan Ms. VISIO.

Tugas: 1). Mendesain struktur organisasi perusahaan; 2). membuat Job desk dari struktur organisasi tersebut,; 3). memilih jenis operas dan badan hukum perusahaan dan menjelaskan mengapa memilih jenis operasional tersebut. Kumpulkan softcopy kirimkan ke email kelas.

Pertemuan Minggu 3: Sistem informasi dan Manajemen Pajak dalam menentukan strategi pemilihan bentuk usaha dan Pemilihan kegiatan usaha.

Praktikum menggunakan aplikasi sederhana untuk membuat akun list yang menerapkan prinsip manajemen pajak. Mendesai akun list terkait transaksi akuntansi dan pajak perusahaan menggunakan MYOB atau ZAHIR berdasarkan manajemen pajak, petunjuk perkuliahan bisa diunduh disini.

Tugas: 1). Membuat akun list/ daftar akun/ daftar rekening dari software akuntansi MYOB atau ZAHIR di eksport ke excel/ pdf, kumpulkan dikirim ke email kelas.

Pertemuan Minggu 4: Sistem Informasi dan Manajemen Pajak dalam transaksi potong pungut PPh 21.

Praktikum menganalisa kasus manajemen pajak khususnya dalam transaksi pemungutan PPh 21 karyawan dengan beberapa situasi yang umumnya terjadi pada sebuah perusahaan. Praktikum kali ini menggunakan aplikasi sederhana (Ms. Axcel) yang dapat membantu dalam proses manajemen pajak. Kasus bisa dinduh disini untuk kelas A ketua kelas sandy, kelas F ketua kelas nya Henggin dan sebagai bahan referensi bisa dinduh disini.

Tugas: 1). Mengerjakan soal kasus 1 dan 2 dikerjakan di worksheet excel, jawaban dikirim ke email kelas.

Pertemuan Minggu 5: Sistem Informasi dan Manajemen Pajak dalam transaksi PPh 25. (PPh badan).

Praktikum menganalisa kasus manajemen pajak khususnya dalam transaksi pajak penghasilan badan untuk entitas usaha. Selesaikan menggunakan aplikasi sederhana dalam proses manajemen pajak. berikut lampiran materi, berikut soal untuk dikerjakan.

 

Tugas: 1). Mengerjakan soal kasus 1 dan 2 dikerjakan di worksheet excel, jawaban dikirim ke email kelas.

Pertemuan Minggu 6: Sistem Informasi dan Manajemen Pajak dalam transaksi PPN.

Praktikum menggunakan aplikasi sederhana dalam proses manajemen pajak.

Tugas: 1). Mengerjakan soal kasus 1 dan 2 dikerjakan di worksheet excel, jawaban dikirim ke email kelas.

Pertemuan Minggu 7: Sistem Informasi dan Manajemen Pajak dalam transaksi PPh terutang.

Praktikum menggunakan aplikasi sederhana dalam proses manajemen pajak.

Tugas: 1). Mengerjakan soal kasus 1 dan 2 dikerjakan di worksheet excel, jawaban dikirim ke email kelas.