A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Kelas Praktikum MSIP

Draf  RPKPS Praktikum MSIP, klik disini

I. Penugasan Minggu ke 1:

Pemahaman: Menganalisa alat bantu yang digunakan dalam proses Manajemen Sistem Informasi Publik. Sebutkan media apa saja yang dapat berperan dan mendukung proses MSIP!

Praktik: Mengaktifkan email di http://students.ub.ac.id

– Membuat blog, di blog.ub.ac.id

II. Penugasan Minggu ke 2:

Praktik: Memfungsikan blog : melakukan posting artikel di masing-masing blog.

– artikel yang di posting: CV pribadi… upload berupa atachment di page: praktikum MSIP

– Artikel dari hasil analisa konten sistem informasi yang ada dalam web organisasi sektor publik atau pemerintahan, kota asal. publish di page home berupa teks.

– Membuat artikel ” Manfaat yang saya peroleh dengan mengikuti kelas praktikum MSIP”

III. Penugasan Minggu ke 3:

Pemahaman: Pengenalan Ms. Visio, carilah tutorial/ panduan penggunaan Ms.Visio. Membuat bagan struktur dalam microsoft visio, Upload /posting struktur organisasi dalam blog , beserta keterangan bagan.

Praktik: Desain Struktur organisasi salah satu Dinas/ badan di kota asal (dibantu dengan browshing di web kota asal), yang mempunyai layanan umum.

-Desain flowchart untuk prosedur layanan publik, masing-masing layanan di organisasi sektor publik yangtelah anda desain

IV. Penugasan Minggu ke 4:

– Pemahaman: Pengenalan Ms. Publiser, carilah tutorial/ panduan penggunaan Ms. Publiser.

– Praktik: Mendesain media iklan layanan publik dengan Ms Publiser.

Menganalisa konten sistem informasi yang tersaji dalam web pemerintahan daerah dengan pemerintahan pusat…membuat iklan yang bisa mempublikasikan keungulan daerah, masing-masing kota asal.

– diupload di page home, di blog masing-masing.

V. Penugasan Minggu ke 5:

Pemahaman: Kemampuan dasar administrasi perkantoran (everyday offce), membuat form untuk surat-menyurat resmi institusi,

Praktik : TUGAS 1 : Membuat format undangan rapat, memo internal. Gunakan fasilitas Ms. office untuk mendesain form tersebut Ms. word, Ms. excel dan Ms. Access.

TUGAS 2 :Membuat desain formulir yang digunakan untuk mengidentifikasikan data awal pengguna layanan publik, dari masing-masing organisasi sektor publik yang telah anda desain sistem informasinya pada pertemuan minggu ke 3. contoh klik disini

– Pembuatan daftar isi otomatis TUGAS 3, pembuatan bahan presentasi (ppt)

VI Penugasan Minggu ke 6:

Praktik: Mendesain konten menu yang ada dalam sistem informasi organisasi sektor publik (dibagi kelompok: untuk pemerintahan daerah, pusat, dan BUMN atau BUMD), diaplikasikan dengan mendesain dalam format main menu dan sub menu dalam masing-masing blog mahasiswa, yang pernah dipraktekkan pada minggu sebelumnya.

– Memberikan isi atau postingan, tentang fungsi dari masing-masing sistem infomasi yang telah didesain dalam main menu dan sub menu

VII  Penugasan Minggu ke 7:

QUIZ I: Buatlah Flowchart dari Prosedur Pelayanan di Dinas Kependudukan: untuk layanan pembuatan akta kelahiran prosedur secara narasi bisa diunduh disini

quiz dikumpulkan melalui email: mirza_mr.fia@ub.ac.id, dalam format document (word), dan suject email: Nama dan NIM

MATERI SETELAH UTS:

IX Penugasan Minggu ke 9

PENDALAMAN PEMAHAMAN HARDWARE DAN SOFTWARE DALAM PEMROSESAN INFORMASI

  1. Buatlah ringkasan mengenai “software dan perkembangan terkini”
  2. Praktik : apakah yang anda ketahui tentang OS (Operating System). buatlah skema atau flowchart tentang bagaimana Windows sebagai salah satu bentuk OS beroperasi.

X Penugasan Minggu ke 10

” Mendapatkan Informasi Dari Data”

– Pemahaman: materi sistem Basis Data / Data Base, unduh materi disini.

– Praktik: Setelah mendengarkan beberapa penjelasan, kerjakan penugasan sesuai perintah yang ada di halaman terakhir ppt materi, dan publis ke blog anda.

XI Penugasan Minggu ke 11

“Mengcreate Data Base sederhana, menggunakan Ms. Access”

  1. Buatlah ringkasan Tutorial penggunaan Ms. Acces sebagai salah satu alat manajemen data dan sistem data base, risngaksan berisikan tentang:
    1. Mengenal dan membuat data base baru
    2. Membuat dan mengelola Tabel
    3. Membuat dan memodifikasi Form
    4. Mengurutkan dan Menyaring data
  2. Paraktik : Membuat data base Kemahasiswaan.
  3. Materi dan Penugasan dapat diunduh disini

XII Penugasan Minggu ke 12

“DATA BASE Lanjutan….”

Paraktik : mendesain data base kepegawaian

XIII Penugasan Minggu ke 13

PENGELOLAAN TRANSAKSI KEUANGAN DALAM ORGANISASI PEMERINTAHAN

– Pemahaman: materi tambahan dapat di unduh disini

  1. Buatlah ringkasan mengenai proses Adiminstrasi Publik pada suatu dinas tertentu di Pemerintahan Daerah.
  2. Project 2: Analisis siklus transaksi untuk uang masuk (pendapatan), pada suatu satker (satuan kerja) di pemda dan Analisis siklus akuntansi untuk uang keluar (belanja), pada suatu satker (satuan kerja) di pemda. Buatlah skema dalam bentuk visio!
  3. Adakah software sistem informasi akuntansi khusus yang diterapkan dalam organisasi sektor publik? Jika ada sebut dan jelaskan!

tambahan informasi sebagai bahan acuan, dalam mengerjakan penugasan bisa buka link: http://www.bpkp.go.id/konten/433/SIMDA.bpkp

TUGAS MANUAL  yang harus dikerjakan, sebagai nilai quis, unduh disini

XIV Penugasan Minggu 14 ” E-GOVERMENT DAN IMPLEMENTASINYA”

Pemahaman: unduh blue print pemerintah RI tentang e-gov

Praktik: buatkanlah flowchart pembuatan e KTP. evaluasi pelaksanaan di lapangan, sebutkan hambatan dan ketidaksesuaian prosedur dengan yang semestinya.

– buatlah sebuah artikel dan publis di blog anda, tentang analisis anda pada pelaksanaan e-gov di lingkungan anda (kota asal). minimal artikel terdiri dari 8 paragraf.