December 2012
M T W T F S S
« Nov   Mar »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Categories

Who's Online

There are no users currently online

Workshop Implementasi Pendidikan Standarisasi… bekerja sama dengan BSN (Badan Strandaridisasi Nasional)

Bertujuan untuk mengenalkan “pendidikan standardisasi” kepada mahasiswa sebagai calon tenaga kerja dan atau pemilik usaha agar:

  1. Sumberdaya manusianya lebih berorientasi pada budaya mutu.
  2. Memahami “standardisasi” bukan sebagai penyeragaman, namun dalam hal ini “standardisasi” harus dipahami sebagai alat untuk menilai batas minimum suatu hal.
  3. Muatan pendidikan standardisasi akan ada pada program studi atau mata kuliah ketika perumus kurikulumnya merupakan orang yang “melek” mutu.

Seberapa pentingkah mempelajari “pendidikan standardisasi”…. sangat penting, menururt Dirjen Dikti Bapak Prof. Dr. Djoko Santoso, untuk memberikan kemampuan pada peserta didik agar mampu mengukur mutu, mengklasifikasikan mutu, dan mengambil keputusan untuk menilai dan memperlakukan produk atau jasa yang dapat dinilai secara ekonomi, sosial dan akhirnya mutu sebagai bagian dari budaya.

Pertimbangan tentang pentingnya “pendidikan standardisasi”… kelak lulusan universitas akan menjadi manajer, profesional dibidangnya (engginering, hukum, okonomi, dll) yang menentukan masa depan… sehingga mereka-mereka harus memahami standar.

Dalam penerapannya, tentunya tidak terlepas dari tantangan di setiap universitas yang akan menerapkan “pendidikan standardisasi” dalam tatap muka perkuliahannya, diantaranya: Mengajarkan apa yang bisa di dapat melalui standardisasi, Mengajarkan hubungan antara standar dan inovasi, Pertisipasi dalam pengembangan standar. Namun hambatan-hambatan tersebut akan terkikis dengan sendirinya ketika kita sudah memulai untuk memasukkan konsep-konsep atau contoh kasus penerapan “pendidikan standardisasi” dalam perkuliahan, buat dan desain perkuliahan semenarik mungkin….smangad…

Leave a Reply

  

  

  

CAPTCHA Image

*

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>