May 2012
M T W T F S S
« Feb   Nov »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Categories

Who's Online

There are no users currently online

Menulis juga bisa dijadikan bisnis

Kemampuan kita dalam menuangkan pemikiran dalam bentuk kata-kata dapat disebut sebagai kegiatan menulis. Buah karya dalam bentuk tulisan dapat berupa cetakan hardcopy ataupun dalam bentuk softcopy. Kalau kita pandai menyalurkan bakat menulis ini pada lembaga yang dapat menghargai dan menempatkan hasil karya tulis, kegiatan menulis kita akan semakin mengasyikkan, selain mengasah otak menjadi semakin tajam, menambah nilai guna diri selama masa hidup  juga dapat menambah penhasilan.

Orang yang sudah terbiasa menuangkan kata-kata dalam bentu tulisan akan mudah membuat buah karya yang berupa tulisan. Bagaimana memulai kebiasaan tersebut yang akhirnya berujung pada maksud dari judul diatas ”Menulis juga bisa dijadikan bisnis”, cobalah beberapa tips berikut:

  1. Memulai dari yang kecil, mencoba menungkapkann analisa yang diperoleh dari kegiatan sehari-hari, awalnya berupa curhatan hati layaknya buku diary, lambat laun kemampuan berbahasa kita dalam bentuk tulisan akan terlatih menjadi lebih baik dan lebih baik.
  2. Membuat kebiasaan kecil yang rutin, sedikit namun sering dan berulang.Hal ini, membuat kita semakin terbiasa dengan dunia tulis-menulis, membuat kita kecanduan, tidak lega rasanya melalui hari tanpa menulis.
  3. Perluas wawasan anda. Pada era sekarang ini begitu banyak media yang dapat dimanfaatkan untuk memperluas wawasan sehingga dapat menambah bobot tulisan anda. Yang paling mudah adalah dengan browshing, searching dan gooling,yaitu mencari informasi melalui media internet.
  4. Pelajari aturan mainnya, di area publikasi karya tulis baik ilmiah dan non ilmiah (fiksi) pastilah ada aturan dan tatacaranya. Di dalam tatacara tersebut terkandung bagaimana sebuah tulisan tersebut dinilai dan dianggap orisinil atau saduran, karena dinegara kita sudah ada HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) yang mengatur hak cipta sesuatu, yang jika dilanggar pastilah ada aturan dan kebijakan terkait.
  5. Cari peluang yang menguntungkan. Dengan apakah kita dapat membaca peluang-peluang tersebut?. Hal pertama yang dapat saya sarankan adalah dengan menjalin hubungan atau menjalin komunikasi atau berkenalan dengan yang namanya PENERBIT, dari sanalah kita dapat menggali seberapa menguntungkannya menulis untuk di bisniskan. Satu, dua penerbit sudah kita ketahui, coba bandingkan…cari peluang yang paling menguntungkan.
  6. Memulai bisnis melalui menulis.

Selamat mencoba…

Leave a Reply

  

  

  

CAPTCHA Image

*

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>